Cara Buat Kripik Pisang asin dan kripik pisang Manis

Minggu, 05 Agustus 2012

Kripik Pisang
Pernah makan kripik pisang ? saya yakin rekan rekan ada yang pernah makan kripik pisang. kripik pisang yang ayah tau ada dua jenis yaitu kripik pisang manis dan kripik pisang asin kedua jenis makanan ini cukup enak di makan sambil menonton tv atau bersantai bersama keluarga. kripik pisang yang memiliki teksture renyah ,gurih dan manis ini banyak yang mengemarinya, baik anak anak anak maupun dewasa.

Kripik pisang organik adalak kripik pisang yang di buat menggunakan bahan bahan yang berasal dari tumbuh tumbuhan tanpa menggunakan bahan pengawet ataupun bahan untuk membuat renyah. resep kripik pisang yang akan ayah tulis murni menggunakan bahan alami diantaranya
  1. Pisang( Gunakan pisang yang sudah tua  dengan texsture yang masih keras, kenapa memilih yang keras karena akan memudahkan kita dalam memotong baik bisa menggunakan pisau atau pasah,selain itu pisang yang masih keras saat di goreng tidak akan cepat hangus, saran ayah cari Pisang Raja Nangka karena hasilnya akan lebih bagus dan lebih enak)
  2. Kunyit (gunanya untuk mewarnai pisang agar tidak terlihat pucat)
  3. Garam untuk kripik pisang asin
  4. Bawang Putih untuk kripik pisang rasa asin
  5. Gula Pasir untuk kripik pisang manis
  6. Daun Pandan Wangi untuk Kripik Pisang Manis
  7. Tepung Beras untuk Kripik Pisang Manis(Jika di perlukan)
  8. Minyak goreng untuk menggoreng kripik pisang.
Setelah bahan di siapkan berikut langkah demilangkah cara Membuatnya
  1. kupas pisang  dan rendam menggunakan air bersih
  2. Potong pisang tipis-tipis(semakin tipis kripik pisang akan semakin renyah dan keras)
  3. Kupas kunyit dan Potong melintang(lebih bagus di parut tetapi kalau di parut anda harus punya saringan besi)
  4. Siapkan Penggorengan, tuangkan minyak di wajan dan panaskan minyak
  5. Goreng irisan/parutan kunyit sampai kering, angkat dan tiriskan (selanjutnya di buang)
  6. Goreng pisang dengan cara memasukan satu persatu irisan pisang, tujuanya agar pisang tidak menempel dan matang merata. 
Sampai disini langkah untuk pembuatan kripik pisang asin dan kripik pisang manis masih sama dan untuk proses pembuatan kripik asin prosesnya lebih cepat, tapi saran ayah jika mau membuat dua rasa sekaligus sebaiknya goreng dulu untuk kripik rasa manis. karena untuk yang rasa asin cara kasih bumbunya di masukin ke minyak.


Cara Buat Kripik Pisang Asin
  1. untuk Kripik pisang asin siapakan bawang putih dan Garam, tumbuk sampai halus dan taruh di tempat dan kasih air sedikit.
  2. Setelah proses diatas maka untuk langkah selanjutnya adalah menunggu sampai kripik pisang sampai mulai renyah(keras), saat mau diangkat tuangkan satu sendok makan air yang sudah di kasih bumbu(Garam dan Bawang Putih), aduk sebentar sampai rata, angkat dan tiriskan
kripik pisang asin sudah jadi, rasa asin bisa di sesuaikan dengan menambah garam, jangan menambah takaran (lebih dari satu cendok makan) karena kita tau air dan minyak tidak bisa menyatu dan dalam kondisi minyak panas air yang dimasukan ke wajan akan memercik dan ini akan membahayakan anda(terkena percikan minyak panas)

Cara Buat Kripik Pisang manis
  1. Untuk kripik pisan manis langkah selanjutnya dari proses yang sama diatas adalah menunggu sampai kripik pisang renyah(keras) angkat dan tiriskan
  2. Siapkan Wajan bersih kasih air dan panaskan.
  3. Setelah panas masukan Daun Pandan wangi dan gula pasir Gunakan api kecil agar tidak cepat gosong, aduk terus sampai campuran air dan gula menjadi pekat dan sedikit
  4. Masukan Kripik Pisang Yang sudah di goreng dan aduk sampai rata. angkat dan dinginkan taruh di tempat yang lebar.
Jika memasukan kripik pisangnya tepat maka saat mau diangkat gula yang tadi di campur dengan kripik pisang akan menyerap dan kering di pisangnya dan pisang tetap renyah. akan tetapi jika kita terlalu cepat maka pisang akan menjadi lengket dan basah dan biasanya akan mengurangi renyah dari kripik pisang manis.  untuk rasa manisnya bisa di sesuaikan dengan selera masing masing , biasanya ayah calya menggunakan  perbandingan 1 kg Pisang Muda yang udah di kupas : 1/2Kg gula Pasir.

Selamat mencoba, semoga berhasil Membuat Kripik Pisang asin dan kripik pisang Manis.

3 komentar:

Unknown mengatakan...

air yang digunakan untuk memasak daun pandan wangi dengan gula itu brapa banyak takarannya?

kemudian brapa lama waktu kita untuk merendam pisang di air bersih pada tahapan awal?

Unknown mengatakan...

brapa lama merendam pisang dengan air bersih pada tahapan awal?

kemudian berapa banyak air yang digunakan untuk memasak daun pandan wangi dengan gula?

thx

Unknown mengatakan...

waktu yang dibutuhkan untuk memasak daun pandan dan gula, di sesuaikan dengan kondisi kepekatan air, saran saya sebaiknya di aduk sampai kondisi air agak mengental.baru dimasukan kripik pisangnya.

Artikel Blog

Artikel seo

Artikel Bisnis Online

Artikel kuliner