Nikah

Rabu, 25 Juli 2012

Nikah sendiri adalah Pengikatan dang pengikraran  janji dari sepasang Manusia dengan maksut Meresmikan hubungan mereka baik secara norma agama, norma hukum, dan norma sosial.  .Sebagai seorang muslim Nikah merupakan bagian dari penyempurnaan ibadah, Nikah merupakan sunah  Nabi seperti yang di kemukakan dalam  Alquran dan Hadis Nabi Berikut ini:

Dan sesungguhnya Kami telah mengutus beberapa Rasul sebelum kamu dan Kami memberikan kepada mereka isteri-isteri dan keturunan. Dan tidak ada hak bagi seorang Rasul mendatangkan sesuatu ayat melainkan dengan izin Allah. Bagi tiap-tiap masa ada Kitab. (QS. Ar-Ra’d : 38).

Benarkah kalian telah berkata begini dan begitu? Sungguh demi Allah, sesungguhnya akulah yang paling takut dan taqwa kepada Allah diantara kalian, akan tetapi aku berpuasa dan aku berbuka, aku shalat, aku tidur dan aku juga menikahi wanita. Maka barangsiapa yang tidak menyukai sunnahku, maka ia tidak termasuk golonganku.” (HR. Bukhari, Muslim, Ahmad, An Nasa`i dan Al Baihaqi dari sahabat Anas bin Malik)

“Empat macam diantara sunnah-sunnah para Rasul yaitu : berkasih sayang, memakai wewangian, bersiwak dan menikah” (HR. Tirmidzi)

 Rukun Nikah :
  1. Adanya kedua mempelai yang tidak memiliki penghalang keabsahan nikah seperti adanya hubungan mahram dari keturunan, sepersusuan atau semisalnya. Atau pihak laki-laki adalah orang kafir sementara wanitanya muslimah atau semacamnya. 
  2. Adanya penyerahan (ijab), yang diucapkan wali atau orang yang menggantikan posisinya dengan mengatakan kepada (calon) suami, 'Saya nikahkan anda dengan fulanah' atau ucapan semacamnya.
  3. Adanya penerimaan (qabul), yaitu kata yang diucapkan suami atau ada orang yang menggantikan posisinya dengan mengatakan, 'Saya menerimnya.' atau semacamnya. 
  4.  Ada wali pengantin perempuan
  5. Ada dua orang saksi pria dewasa
Keutamaan yang di dapat :
  1. Menikah adalah Sumber Pertolongan dan Kasih Sayang Allah SWT
  2. Menikah Melatih Kesabaran
  3. Menikah ialah Menanam Benih Perhiasan Terindah
  4. Menikah adalah Benteng Akhlak yang Mulia
  5. Menikah Itu Ciri Khas Makhluk Hidup
  6. Tidak Ada Pembujangan Dalam Islam
  7. Menikah Adalah Ibadah dan Setengah dari Agama
  8. Menikah Adalah Salahsatu Jalan untuk Menjadikan Seseorang Menjadi Cukup Kebutuhannya
  9. Menikah Adalah Bagian Dari “Tanda” Kekuasaan Allah SWT
  10. Menikah Adalah Sunnah Para Nabi dan Rasul 

Sumber : dari Berbagai sumber dan tutorial mengenai Nikah

0 komentar:

Artikel Blog

Artikel seo

Artikel Bisnis Online

Artikel kuliner