kalau saya sendiri lebih menggunakan cara yang kedua, coba dulu analisa, dan optimalkan dengan nilai tambah.baik di productnya maupun di displainya.memang cara yang kedua ini jika di jalankan di online bisnis akan beresiko lebih tinggi, karena setidaknya akan membutuhkan biaya promosi yang lebih, tenaga ,waktu serta tingkat keberhasilan yang relatif lebih kecil. namun ketika usaha kita sudah bisa mulai mendekati kompetitor atau bahkan bisa melebihi kompetitor maka hasilnya akan jadi besar
memang tidak mudah untuk bisa bersaing bahkan bisa mengambil sepotong bagian hasil dari kompetitor kita saja sudah cukup bagus, apalagi kita bisa menjadi kompetitor utamanya. makanya sekarang ini banyak sekali website yang menjual cara atau tutorial belajar bisnis internet. baik yang berupa e-book, vidio maupun , privat coaching. namun semua ilmu yang mereka jual dalam berbagai bentuk tersebut masih tergantung dari kitanya, mampu dan mau menggunakan atau hanya sekedar buat koleksi saja.
Kompetitor banyak di pengaruhi oleh banyaknya permintaan di niche product tersebut dan memiliki margin keuntungan yang biasanya lebih tinggi, makanya banyak orang yang bermain di produk tersebut.saya sendiri membagi menjadi beberapa bagian dan saya hanya bermain di kisaran ini.
- kompetitor < 500.000 ( Sangat ringan )
- 500.001< kompetitor < 1.000.000 (ringan )
- 1.000.001 < kompetitor < 2.500.000(agak ringan )
- 2.500.001 < Kompetitor < 5.000.000 (Sedang)
- 5.000.001 < kompetitor < 10.000.000(Agak berat )
- 10.000.001 < Kompetitor (Berat)