Cara Masak atau memasak Nasi Tradisional

Sabtu, 02 Juni 2012

cara masak atau memasak nasi
 Ada sebagian orang yang bilang bahwa  cara Masak Nasi tradisional Memiliki Cita rasa Yang berbeda, mengenai benar apa tidaknya pastilah kita bisa menilainya sendiri sendiri, namun tidak ada salahnya jika saya menuliskan kembali bagaimana cara memasak nasi  secara tradisional.

sebelum memasak ada baiknya jika saya mulai dengan cara mencuci beras yang benar , cara mencuci beras yang benar berdasarkan penelitian  yang dilakukan sejumlah dosen pada Program Boga, Universitas Negeri Jakarta (UNJ)Berdasarkan riset beranggotakan Dra Yati Setiati dan Ir Ari Istiani MSi itu, tersingkap cara baik mencuci beras cukup denga ndua kali pencucian. ”Paling maksimal, cukup tiga kali dibilas dengan air,” jelas Lanti.

Dengan metode eksprimen, riset itu membuktikan pengaruh frekuensi pencucian beras terhadap kandungan vitamin B1 yang ada pada beras (sebelum dicuci mengandung 0,2850 miligram). Pengaruh pencucian dengan sekali cuci menyebabkan kandungan vitamin B1 berkurang, menjadi 0,2475 mg. Dua kali pencucian, kandungan vitamin B1 menjadi 0,1765 mg. Pencucian tiga kali, vitamin B1-nya tersisa 0,1560.
Bagaimana bila beras digosok saat dicuci?Vitamin B1 yang dikandung saat dicuci sekali dengan penggosokan, mengakibatkan kian berkurang, menjadi 0,2090 mg (dua kali dengan penggosokan 0,1650 mg, dan tiga kali dengan penggosokan 0,1435 mg). ”Jadi tak perlu digosok, agar kandungan vitamin B1 tak berkurang meski memang penurunannya tak terlampau signifikan,” ujar Rusilanti.

Intinya cara pencucian beras yang benar adalah siapkan baskom, atau bisa menggunakan tempat untuk menanak nasi, taruh beras di wadah guyur dengan menggunakan air aduk perlahan sampai kotoran yang ada di beras terangkat, tuang pelan pelan air yang ada di wadah sampai air benar benar habis dari wadah,  siram lagi pakai air bersih  dan ulangi cara tadi.

Setelah Beras di cuci  masukan beras, daun pandan ke panci atau dandang dan masukan air bersih 2/3 dari beras( bisa dikurangi atau di tambah sesuai dengan selera), nyalakan tungku dan masak beras dan air tadi, saran saya sering di aduk supaya beras matang merata dan tidak gosong di bagian bawahnya.setelah airnya kering angkat panci/dandang

Panaskan langseng atau kukusan  sampai air yang ada di langseng Mendidih, Pindahkan nasi yang tadi kita masak ke dalam langseng, setelah selesai tutup dan biarkan 30~45 menit angkat nasi dari lanseng, taruh diatas tampah dan dinginkan menggunakan kipas (orang sunda bilang ihid). Mendinginkan nasi Akan membantu nasi jadi pulen.

Cara memasak Nasi mengutip dari dari berbagai tutorial online, serta pengalaman pribadi, semoga bermanfaat

0 komentar:

Artikel Blog

Artikel seo

Artikel Bisnis Online

Artikel kuliner