Cara buat tempe indonesia dengan tempe Arizona

Minggu, 24 Juni 2012



Siapa sich yang ngak tau tempe? saya yakin semua orang indonesia akan mengenal makanan khas ini, tempe yang terbuat dari kacang kedelai dan ragi ini, sangat populer di kalangan vegetarian karena di gunakan sebagai pengganti daging. tempe yang asli berasal dari indonesia ini sekarang sudah cukup di kenal di dunia bahkan negara negara maju seperti jepang jerman , dan amareka serikat sudah mengembangkan.

Tempe kaya akan serat pangan, kalsium, vitamin B dan zat besi. Berbagai macam kandungan dalam tempe mempunyai nilai obat, seperti antibiotika untuk menyembuhkan infeksi dan antioksidan pencegah penyakit degeneratif.karena banyaknya manfaat dan banyaknya kaum vegetarian tempe sekarang sudah di produksi di seluruh dunia.

Cara Pembuatan tempe terbagai metode menjadi  7 tahapan,tahapan pertama adalah  perebusan yang berfungsi untuk melunakan biji kacang kedelai agar banyak mengandung air. Tahapan berikutnya adalah tahapan pengupasan yang berfungsi untuk memudahkan ragi untuk menyerap ke dalam biji kedelai, tahapan ke tiga adalah perendaman yang berfungsi untuk  pengasaman dengan pengasaman ini akan menimbulkan bakteri laktobasilus dan meningkatkan nilai gizi dan menghilangkan bakteri-bakteri beracun.,

Tahapan ke empat dalam pembuatan tempe adalah pencucian yang berfungsi membersihkan kotoran yang mungkin di timbulkan karena proses perendaman dan pengasaman , tahapan kelima dalam pembuatan tempe adalah pemberian ragi, tahapan enam adalah  pembungkusan agar terjadi fermentasi, dan tahapan terakhir adalah fermentasi yang tandai dengan tumbuhnya bulu pada kedelai. Pada proses ini kapang tumbuh pada permukaan dan menembus biji-biji kedelai, menyatukannya menjadi tempe. Fermentasi dapat dilakukan pada suhu 20 °C–37 °C selama 18–36 jam. Waktu fermentasi yang lebih singkat biasanya untuk tempe yang menggunakan banyak inokulum dan suhu yang lebih tinggi, sementara proses tradisional menggunakan laru dari daun biasanya membutuhkan waktu fermentasi sampai 36 jam..

kembali lagi ke tempe indonesia dengan tempe arizona, ternyata tempe di arizona adalah nama dari sebuah kota di arizona amerika serikat.jadinya tempe arizona cara bikinya tanya sdendiri he..he.. Just kidding

Link Google map kota tempe

Artikel Blog

Artikel seo

Artikel Bisnis Online

Artikel kuliner